Vulnerability Scanner catatan Kecil: Setting UBNT NanoStation2 sebagai wireless hotspot

Senin, 01 April 2013

Setting UBNT NanoStation2 sebagai wireless hotspot

dapat tugas baru untuk setting hotspot di kantor di titik baru. and biasanya ane pake linksys WRT54GL buat AP nya. Sekarang nyoba pake UBNT NanoStation2. Berikut cara setting UBNTnya :

1. Secara default ip address UBNT NanoStation2 adalah 192.168.1.20 dengan username:ubnt dan password:ubnt. Selanjutnya buka UBNT tersebut di browser kita maka akan muncul tampilan seperti berikut :
2. selanjutnya pilih pada tab menu wireless, dan pilih pada wireless mode dengan pilihan Access Point, dan isilah SSID dengan SSID yang kita suka. maka akan muncul tampilan seperti berikut:

3. selanjutnya setting pada tab network, pada network mode pilih bridge kalau di jaringan kita sudah ada router yang mengelola dhcp server, kalau belum ada kita pilih mode router.
- network mode sebagai bridge kita isi ip adress yang satu network dengan network kita. maka akan muncul tampilan seperti berikut :
- network mode sebagai router, pada wlan network settings ane asumsikan bahwa ip yang akan di dapat sisi client ip adress 172.17.100.1/24 kita isi seperti berikut :
pada Lan network setting ane asumsikan ip di jaringan ane 10.10.10.129/27

selanjutnya klik change, dan klik lagi apply agar settingan kita tersimpan dengan baik. oke sobat semoga catatan kecil ini bermanfaat bagi kita semua...:-)








11 komentar:

  1. ini pakai driver,apa otomatis ngedetek gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung buka ip adress di browser gan..tanpa driver....

      Hapus
  2. pak saya beli nano station m2 saya seting bisa ,tapi setelah power nano station di matiin kok langsung kembali ke setingan pabrik dan hilang smua ,kenapa ya

    BalasHapus
  3. kabelnya pake straight ato crossover? biasanya kalo crimping salah suka gitu karena jalur buat power ketuker

    BalasHapus
  4. Pak mau tanya, saya pasang first media dan diberi modem wifi, masalahnya sinyal wifi tdk terdeteksi di lantai 2, saya punya nano station 2 apakah bisa dipakai agar sinyal wifi sanpai ke lantai 2? Mohon penjelasannya yg detail karena saya awam dalam hal ini. Terimakasih.

    BalasHapus
  5. Gan .. mau tanya saya di rumah pake aplikasi "Myhotspot" untuk usaha hotspot prabayar kecil2lan, selama ini saya pake tplink twd8101g sebagai pemancar wifi di landcard2 dan lancard1 langsung dari modem fiber indiehome, yg saya mau tanya bagaimana cara konfigurasinya kalau pemancar wifinya saya ganti dengan Ubiquiti Nanostation m2 supaya jangkauannya lebih jauh, saya sudah coba tapi page login hotspot di client tidak bisa muncul sehingga voucher prepaidnya gak bisa dipake, akibatnya client langsung bisa konek tanpa login .. mohon pencerahannya

    BalasHapus
  6. artikelnya bagus bos. yuk jangan lupa baca yang ini juga insyaallah cukup membantu http://sigernetwork.blogspot.co.id/2017/03/cara-setting-radio-wireless-ubiquiti.html

    BalasHapus
  7. Ada bisa bantu ka ,
    Saya mau pasang hotspot dirumah tetangga,, klw di rumah saya sudah ada antena omni yg sudah konec dengan internet.

    Sekarang saya mau pasang hotspot di tetangga memakai nanostasion m2,, ,saya bingung harus pake mode apa di nano stasion, ,supaya bisa tankap sinyal antena OMNI saya
    Mohon bantuan nya rekan2

    BalasHapus